Saatnya untuk lakukan optimasi pencarian suara SEO mengingat setengah dari pengguna mesin pencari seperti Google telah menggunakan pencarian suara sejak tahun 2020. Bahkan, saat ini fitur Voice Search telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.
Oleh karena itu, para pembuat konten harus mulai mengoptimasi pencarian suara agar mesin pencari lebih mudah menemukan konten artikel yang Anda buat. Kami akan memberikan empat tips berguna untuk membantu menciptakan konten artikel SEO Friendly dan telah teroptimasi pencarian suaranya.
Mengenal Seputar Optimasi Pencarian Suara dalam SEO
Voice Search atau pencarian suara merupakan teknologi yang membuat para pengguna dapat melakukan pencarian menggunakan suara tanpa harus mengetik. Teknologi ini menggunakan sebuah sistem pengenalan suara otomatis atau disebut juga ASR.
Dengan sistem tersebut mesin pencari mampu mengubah sinyal suara menjadi teks. Setelah itu, Google akan mencocokkan permintaan yang telah Anda bicarakan dengan hasil pencarian yang tepat.
Sudah ada sejak tahun 2020, pada tahun 2022 teknologi ini semakin populer. Diprediksikan, pada tahun 2026 sebanyak 157,1 juta pengguna telah menggunakan voice search. Sehingga, strategi optimasi pencarian suara SEO harus dilakukan mulai sekarang.
Dengan optimasi Voice Search SEO ini situs web dan konten-konten di dalamnya yang dioptimalkan agar sisten pencarian seperti Siri, Alexa, Google Assistant dan asisten suara lain akan lebih mudah ditemukan.
Selain meningkatkan visibilitas, optimasi yang dilakukan ini akan memberikan pengalaman pengguna jadi lebih baik. Di mana membuat konten Anda lebih mudah dijangkau oleh para pengguna penyandang disabilitas dan terakhir meningkatkan otoritas cabang sekaligus kepercayaan pengguna.
4 Tips untuk Optimasi Pencarian Suara SEO
Sebenarnya banyak yang mengatakan optimasi SEO tradisional dengan optimasi voice search sama saja. Hal ini dikarenakan semua teks suara yang pengguna kirimkan akan diubah langsung menjadi teks tertulis. Untuk membuat Anda memahami cara optimasi SEO Voice Search dengan jelas berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.
1. Riset Kata Kunci SEO Lokal
Melalui beberapa penelitian para ahli kata kunci yang digunakan dalam voice search bersifat lokal. Maksudnya, para pengguna biasanya menggunakan pencarian suara untuk mencari tahu tentang informasi bisnis lokal.
Biasanya seperti kedai kopi terdekat, bengkel terdekat, dan masih banyak lagi. Kebanyakan pengguna ingin dapatkan informasi seperti profil bisnis, informasi kontak, ulasan pengguna lain dan lokasi tempat tersebut.
Sehingga komponen paling penting yang harus dicantumkan adalah profil bisnis google sehingga akan muncul ketika pengguna mencarinya. Selain informasi tersebut, informasi lain yang dibutuhkan antara lain jam operasional, foto, hingga uraian singkat terkait bisnis.
2. Antisipasi Pertanyaan Spesifik
Saat melakukan optimasi pencarian suara SEO Anda harus dapat mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan spesifik seperti dalam percakapan. Voice search biasanya menggunakan kalimat lengkap, namun bisa juga berupa kalimat spesifik.
Sebagian besar users akan gunakan pertanyaan lebih spesifik untuk mendapatkan jawaban yang lebih spesifik. Lakukan riset untuk meneliti jenis-jenis pertanyaan yang paling sering digunakan oleh audiens.
3. Optimalkan Kueri Percakapan
Saat mengetik pastinya Anda akan menggunakan kata kunci simpel dan spesifik seperti “cara membuat nasi goreng”. Namun, akan berbeda jika ketika pengguna menggunakan Voice Search, biasanya bentuk kata kuncinya adalah pertanyaan seperti “Bagaimana cara membuat nasi goreng?”.
Jadi, user akan mengajukan pertanyaan seolah-olah bertanya kepada teman, anggota keluarga atau orang lain. Sehingga, sangat penting untuk optimasi pencarian suara SEO dengan memerhatikan kueri percakapan.
4. Isi Konten Fokus pada Pemberian Jawaban Secara Langsung
Terakhir adalah buat isi konten diawali dengan pemberian jawaban dari pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh user secara langsung. Mesin pencari seperti Google kini memperkenalkan fitur yang menyediakan cuplikan pilihan.
Dengan cuplikan unggulan para pengguna dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan tanpa harus klik website tersebut. Selain berlomba untuk membuat konten Anda muncul pada cuplikan unggulan, Anda juga bisa mengoptimasi meta deskripsi.
Buat meta deskripsi yang telah menjawab pertanyaan secara langsung, sehingga para pengguna tertarik untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi.
Dengan mengikuti keempat tips ini, Anda tidak akan bingung lagi dengan cara . Penting untuk diingat saat optimasi pencarian suara SEO, utamakan menulis konten berisi informasi yang dibutuhkan oleh manusia dibandingkan mesin pencari.