domain seo

Buat Website | search engine optimization | Building Link | Tools

Pengertian KPI dalam SEO dan Cara Ukur Keberhasilannya

Salah satu alat ukur penting yang digunakan pada strategi marketing global ialah KPI dalam SEO. Era digital ini, mengoptimalkan sebuah website di mesin pencarian memang sangat krusial untuk keberhasilan usaha.

Key performance indicator (KPI) ini sangat membantu Anda dalam mengukur bagaimana performa dari website. Selain itu, juga lebih paham mengenai para pengunjung yang berkunjung ke webnya.

Bahkan juga bisa digunakan untuk tentukan langkah-langkah tepat berikutnya agar kinerja SEO-nya dapat bekerja dengan baik. Karena memang cara mengukur ini sangat penting, sehingga bisa memaksimalkan traffic.

Pengertian dan Elemen Penting KPI dalam SEO

Key Performance Indicator ini ialah cara beserta alat di mana bisa dipakai untuk tahu besarnya ukuran kualitas atau performa sebuah web. Tentunya apapun jenis niche yang digunakan, utamanya dalam berbisnis.

Baca disini :  Mengenal Manfaat Long Tail Keyword untuk Strategi SEO

Teknik tersebut umumnya memang dipakai oleh para ahli dalam bidang jasa pengoptimalan SEO agar dapat mengecek kemajuan website. Sederhananya, KPI ini bisa jadi strategi agar tahu kelebihan maupun kekurangan web.

Karena hasil analisisnya dapat dimanfaatkan untuk panduan penerapan strategi lain SEO supaya lebih optimal. Asal Anda ketahui, KPI ini bukan hanya dipakai analisis web sendiri, tapi juga milik kompetitor.

KPI dalam SEO sendiri terdiri dari beberapa elemen yang penting diukur agar pengoptimalan web lebih baik. Jadi nanti jangkauan pengunjung bisa semakin efisien lagi, seperti:

1.      Peringkat kata kunci

Untuk mengoptimalkan web, maka Anda harus membuat list kata kunci yang punya peluang ada di ranking paling atas. Sebab semakin tinggi peringkat, maka makin besar juga kesempatan mendapat organic traffic.

2.      Organik trafik

Ini jadi elemen penting karena target memakai SEO memang sebagai menambah jumlah trafik. Untuk melihatnya, Anda bisa bandingkan seiring waktu berjalan dan umumnya berupa grafik, seperti memakai google analytics.

3.      Bounce rate

Elemen ini dapat ukur konten yang dibuat cocok dengan hasil pencarian. Selain itu Anda juga dapat memakainya guna menghitung presentase sesi pengunjung ketika berkunjung ke webnya.

4.      Branded trafik

Berikutnya KPI dalam SEO ini menunjukkan jumlah visitors website lewat mesin pencarian dengan kata kunci. Tentunya erat kaitannya dengan perusahaan atau merek khusus.

5.      Lamanya waktu di web

Average session duration penting untuk diperhatikan. Saat pantau durasi, Anda bisa lebih gampang nilai kualitas situs, berubah atau tidak. Pastikan buat struktur konten yang durasinya lama, seperti ada link internal.

6.      Core web vitals

Matrik ini dapat membantu Anda melihat level kenyamanan dari situs, mulai dari sisi tampilan, loading, dan lainnya. Intinya CWB ini akan memberi tahu kepada pengguna mengenai level pengalaman di halaman web.

7.      Conversions

Tentunya Anda ingin pengunjung menjalankan aktivitas hingga jadi pelanggan dengan menjual atau leads. Mengukurnya juga tidak sulit, cukup tentukan konversi untuk dicapai dulu dan manfaatkan google analytics.

8.      Visibilitas pencarian

Metrik KPI dalam SEO ini bisa jadi tanda perkembangan web secara konsisten. Walaupun memang jumlah jejak visitors tersebut tidak hasilkan klik, namun itu sudah jadi bukti apabila web Anda sudah berkembang.

9.      Backlink

Untuk pemilik web, baiknya perhatikan kualitas dari backlink yang didapat. Karena itu nantinya mempengaruhi ranking pada mesin pencariannya. Pelacakannya juga cukup memanfaatkan web sebagai rujukan serta jumlah keseluruhan backlink.

10.  Audience retention

Karena fungsinya sebagai optimasi kinerja, maka Anda perlu banyak pengunjung agar dapat bangun kepercayaan dan branding. Tumbuhkan pengunjung permanen sangat penting agar situsnya dapat membangun hubungan dengan audience jangka panjang.

Baca disini :  Cara Membuat WordPress Mulai dari Instalasi hingga Desain

11.  ROI

Mengukur ROI ini juga penting, sebab dapat dijadikan acuan berhasil tidaknya target yang dicapai. Sebab tujuan akhir dari penerapan SEO ialah untuk meningkatkan laba.

12.  CTR organik

Elemen dari KPI ini menunjukkan presentase klik di sebuah web. Data ini sangat penting, sebab berhubungan langsung pada peringkat situs. Jadi semakin tinggi CTR-nya, maka peringkatnya makin baik.

Elemen-elemen perlu diukur agar bisa optimalkan sebuah situs. Mengingat perannya KPI dalam SEO sangat penting, pastikan Anda menggunakannya untuk mengukur level pengoptimalan website.

wp2admin

wp2admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas