Ada beberapa jenis search engine optimization yang perlu diketahui jika ingin membuat website untuk marketing. Teknik ini sendiri memiliki banyak manfaat selain membuat artikel dalam website berada di laman awal mesin pencari.
Jika web untuk marketing mudah ditemukan, maka tentu bisa menjadi langkah paling efektif untuk memasarkan sebuah bisnis. Tidak hanya itu, pengelolaan website juga harus tepat agar calon konsumen lebih mudah mengetahui produk dan melakukan pembelian.
Berbagai jenis search engine optimization ini sendiri berbeda search engine marketing atau SEM yang menggunakan iklan berbayar. SEO lebih mengutamakan upaya agar konten dilirik pengguna user, sedang SEM menarik pengunjung menggunakan iklan.
Jika dibandingkan dengan SEM, strategi SEO memang membutuhkan waktu lebih lama agar terlihat hasilnya. Meskipun demikian, hasilnya akan jauh lebih lama bertahan tanpa perlu mengeluarkan anggaran untuk membuat iklan.
Jenis Search Engine Optimization untuk Website
Jika ingin memulai website untuk marketing, maka sangat penting mengetahui jenis SEO. Berikut adalah beberapa jenis SEO yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website.
1. On Page SEO
On Page SEO berfokus pada optimalisasi konten yang berada dalam laman web untuk marketing bisnis. Cara kerjanya sendiri adalah mengoptimalkan struktur maupun topik artikel dengan mendalami keyword, tren, header, meta description, dan masih banyak lainnya.
Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan strategi jenis search engine optimization ini, salah satunya riset kata kunci yang digunakan pengguna internet. Setelah itu, keyword digunakan untuk membuat konten marketing yang dibutuhkan konsumen.
Strategi lainnya adalah berfokus pada kecepatan akses, sebab mesin pencari akan menempatkan konten di halaman awal pencarian jika loading cepat. Selanjutnya, perhatikan sub-header da pastikan terdapat kata kunci sehingga menaikkan peringkat di mesin pencari.
Langkah lainnya adalah memasukkan link atau tautan internal dalam konten sehingga bahasannya bisa menjadi lebih ringkas. Optimasi URL juga penting, pastikan di dalamnya terdapat keyword yang sering dicari pengguna internet.
2. Off Page SEO
Off page SEO merupakan jenis search engine optimization yang terfokus pada elemen yang tidak ada di dalam website. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan kualitas SEO yang berada di luar laman web itu sendiri.
Strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat link building dari website lain menuju laman web untuk marketing. Semakin banyak website lain mengarahkan halaman ke makan web, maka akan meningkatkan peringkat di mesin pencarian.
Selain itu, off page SEO juga mengoptimalkan social sharing, yaitu membagi link laman web ke berbagai media digital lainnya. Dengan cara ini, konten yang dibagikan akan memperoleh banyak interaksi sehingga meningkatkan performa di mesin pencarian.
3. Technical SEO
Technical SEO merupakan jenis search engine optimization yang bisa membantu meningkatkan user experience (UX). UX atau pengalaman pengguna dapat dilihat dari kemudahan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui laman web.
Cara kerja teknik SEO ini adalah membuat laman website marketing dengan UX terbaik, seperti desain UI friendly, loading cepat, dan masih banyak lainnya. Beberapa strategi yang bisa dilakukan seperti meningkatkan kecepatan loading, meminimalisir dead link, dan sebagainya.
4. Local SEO
Jenis SEO ini digunakan untuk meningkatkan kualitas SEO website sehingga sehingga lebih dikenali komunitas di daerah tertentu. Dengan cara ini, produk maupun layanan bisa dipromosikan kepada pelanggan lokal.
Salah satu cara marketing sebuah bisnis adalah dengan memaksimalkan teknologi internet, termasuk membuat website. Mengetahui jenis search engine optimization agar konten marketing ada di halaman paling atas pencarian.