Zero click search memberikan dampak pada cara optimasi SEO yang dilakukan web developer, ahli SEO maupun pembuat konten artikel SEO friendly. Cara optimasi menjadi semakin rumit dan kompleks untuk dapat mengantisipasi dampak negatif dari salah satu layanan Google tersebut.
Zero click search sendiri merupakan layanan yang dibuat oleh Google dengan tujuan meningkatkan kepuasan para pengguna. Dengan layanan tersebut, pengguna bisa langsung dapatkan jawaban pada kolom pencarian tanpa harus klik situs web.
Dampak Negatif dari Zero Click Search pada Optimasi SEO
Beberapa penelitian yang dilakukan para ahli pada beberapa tahun terakhir telah membuktikan bahwa pengguna menggunakan fitur ini sangat banyak. Terutama pada para pengguna perangkat mobile, hal ini dikarenakan pengguna bisa dapatkan informasi yang cepat dan tepat.
Dengan meningkatnya penggunaan fitur ini akan menimbulkan dampak pada cara optimasi SEO. Berikut ini penjelasan lengkap dari dampak ditimbulkan dari layanan jawaban instan dari Google.
1. Search Visits
Search Visits merupakan ukuran yang paling penting untuk dapat menganalisis kinerja dari sebuah website. Konsepnya saat ini menjadi perhatian utama karena dapat menghentikan efektivitas strategi SEO.
Akibat dari layanan ini, rata-rata Search Visits setiap website menurun akibat dari pengguna tidak perlu lagi mengunjung webpage agar mendapatkan informasi. Walaupun membantu pengguna, traffic website akan mengalami penurunan yang signifikan.
Agar bisa mengatasinya, cara optimasi SEO tepat adalah pembuat konten artikel wajib membuat isi kontennya relevan dan menarik. Sehingga dapat mengundang pengguna mendapatkan informasi lebih dalam mengenai topik atau kata kunci yang dicari.
2. Search Volume
Search Volume merupakan ukuran untuk membantu mengindikasi seringnya kata kunci dicari pada mesin pencari. Dengan hadirnya layanan tanpa klik, akan mempengaruhi angka yang ditampilkan Search Volume karena tidak menghasilkan klik.
Cara mengoptimasi SEO yang baik untuk atasi hal tersebut, Anda harus mengoptimalkan strategi agar dapat meningkatkan visibilitas online. Anda harus melakukan analisis data pencarian untuk bisa mengidentifikasi tren pencarian, sehingga konten yang tercipta akan tetap relevan dan menjangkau audiens sesuai dengan targetnya.
Cara Optimasi SEO untuk Mengatasi Kerugian Zero Click Search
Untuk melakukan optimasi SEO secara menyeluruh sehingga dapat menghasilkan konten yang dapat mengundang klik para pengguna. Berikut ini beberapa tips cara mengoptimasi konten artikel agar SEO friendly untuk mengatasi kerugian akibat zero click search.
1. Memahami Target Audiens
Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memahami target audiens. Cara yang bisa dilakukan untuk memahami target audiens antara lain jam kunjung paling sering, kebiasaan pencarian, dan masih banyak lagi.
2. Strategi Keyword
Wajib untuk membuat strategi keyword matang dan cermat. Strategi ini mencakup cara optimasi SEO dalam menganalisa keyword secara mendalam dan menentukan long tail keyword.
Tidak hanya itu saja, Anda harus mempertimbangkan secara matang kombinasi kata kunci yang tepat dan cocok. Tidak hanya menambahkan keyword, Anda juga bisa menambahkan media grafis yang masih cocok dan relevan.
3. Membuat Frequently Asked Question (FAQ)
Frequently Asked Question merupakan alat yang dapat digunakan agar informasi disampaikan dapat muncul pada fitur snippet unggulan atau Zero Click Search. Dengan adanya konten FAQ, dapat berpotensi meningkatkan Click Through Rate (CTR).
Dengan kumpulan informasi-informasi tersebut dapat membantu situs web bisa memiliki konten relevan dan semakin mudah terlihat oleh pengguna. Lalu lintas organik juga lebih tinggi karena visibilitas situs meningkat.
Zero click search memang fitur yang menguntungkan bagi Google dan pengguna. Namun bagi pelaku optimasi SEO, content creator dan pemilik website harus melakukan penyesuaian.
Oleh sebab itu, cara optimasi SEO berikut diharapkan dapat membantu para praktisi SEO, pembuat konten dan web developer dapat beradaptasi untuk tetap meningkatkan jumlah pengunjung.