Membangun tone of voice artikel dapat membantu konten Anda agar SEO Friendly. Sebenarnya merujuk terhadap gaya atau nada suara konten. Lalu menjadi mudah dikenali dan menciptakan hubungan personal dengan audiens.
Anda harus menentukan pemilihan kata, gaya penulisan hingga ekspresi dalam setiap kalimat. Materi tulisan yang dibuat menciptakan karakter unik dan berbeda dari blog lain. Manfaat ToV banyak sehingga harus dibentuk.
Manfaat Tone of Voice Artikel Untuk Identitas Penulisan SEO
Pesan atau nilai artikel perlu disampaikan dengan gaya bahasa yang berkualitas. Setiap blog memiliki gaya bahasanya sendiri-sendiri. Misalnya blog A menggunakan gaya bahasa santai sedangkan blog A cenderung formal.
Kunci utama membuat tone of voice artikel adalah unik dan khas tapi mudah dimengerti. Jika setiap unsur dipenuhi, audiens akan tertarik. Bahkan menjadi pelanggan setia yang sering mengunjungi blog Anda.
Untuk menyampaikan artikel, tentu harus dibuat agar indah serta menarik. Kalau perlu menimbulkan kesan berharga sehingga memberikan kesan berbeda. Memiliki ToV sendiri menawarkan keunggulan menarik untuk menciptakan artikel SEO.
Salah satu kelebihan yang ditawarkan yaitu membangun kepercayaan dengan audiens. Khususnya dalam membangun keakraban dengan audiens Anda. Nantinya audiens akan familier dengan blog Anda karena kata-kata yang dipakai konsisten.
Karena sudah akrab, kepercayaan meningkat sehingga menjadi audiens setia. Lebih baiknya lagi membuat Anda berbeda dibandingkan blogger lainnya. Terutama jika menampilkan kalimat yang humoris, hangat, unik dan padat dengan isi.
Untuk jangka panjang, tone of voice artikel akan memengaruhi pendapatan Anda dari blog. Ternyata secara otomatis meningkatkan traffic lebih dari 20%. Karena dibangun secara konsisten, pendapatan dan keuntungannya meningkat signifikan.
Manfaat ToV lainnya yaitu digunakan sebagai pengganti komunikasi langsung. Komunikasi tetap bisa dilakukan melalui artikel yang diposting online. Tentu tidak perlu repot menyampaikan satu per satu pada calon audiens.
Hal yang perlu Anda pahami yaitu memiliki ToV berkualitas dan mumpuni tidak instan. Melainkan dibutuhkan anggaran dan strategi untuk merencanakannya dengan baik. Walaupun perlahan, tapi manfaatnya bisa diperoleh secara bertahap.
Tips Membentuk ToV yang Baik untuk Artikel SEO
Membentuk gaya bahasa atau tone of voice artikel faktanya tidak mudah dan harus unik. Meski begitu bukan berarti mustahil menemukan gaya bahasa sendiri. Anda dapat menentukannya dengan beberapa pertimbangan tersendiri.
Salah satu tips yang perlu diikuti yaitu menetapkan core values. Anda harus menjawab pertanyaan seperti tujuan blog dibuat dan cara untuk mewujudkannya. Termasuk menemukan target serta ingin dikenali seperti apa.
Hal ini membantu Anda merancang brand message pada pesan atau nilai artikel. Nantinya dapat berisi istilah, pernyataan atau frasa komunikasi. Misalnya ingin membuat yang ramah, kekinian, menyenangkan, gaul dan sebagainya.
Selanjutnya dapat menentukan ToV setelah memahami jati diri website atau blog. Contohnya dengan gaya bahasa formal, kasual, serius, bercanda, antusias dan sebagainya. Pertimbangkan dengan bijak karena tidak boleh asal mengganti.
Jika membahas pilihan tone of voice artikel tidak ada yang salah dan benar. Semuanya boleh dipilih sesuai image dan branding blog. Kemudian mudah dikenali serta membuat artikel yang lebih relevan.
Supaya audiens semakin terikat, pastikan agar mengenali target market. Anda dapat memulainya dengan riset topik atau tema lalu melihat reaksi beserta pembahasan. Tentu dapat menjadi landasan pemilihan ToV yang bagus.
Agar tetap konsisten, jangan lupa agar membuat pedoman ToV atau gaya bahasa sendiri. Tujuannya agar bisa diaplikasikan secara selaras pada setiap konten artikel. Komunikasi yang dihasilkan dipastikan menghasilkan traffic tinggi.
Apabila membentuk ToV dengan baik, kelebihannya akan dinikmati. Mulai dari meningkatkan kepercayaan, memberi perbedaan dan ampuh mengganti komunikasi tatap muka. Bahkan tone of voice artikel meningkatkan pendapatan dari blog.