Zero click search merupakan fitur SERP dari Google sehingga akan menguntungkan pengguna. Pengguna jadi langsung menemukan jawaban dengan cepat pada kolom pencarian. Walaupun menguntungkan pengguna, justru fitur tanpa klik dapat berdampak negatif pada optimasi SEO.
Untuk mengantisipasi dampak negatif, para web developer, ahli SEO, dan pembuat konten artikel SEO Friendly wajib untuk mempelajarinya. Sehingga, kesempatan untuk dapat meningkatkan traffic tetap bisa dilakukan.
Pengertian dari Istilah SEO Zero Click Search
Pencarian zero click merupakan fitur yang diluncurkan oleh Google dengan menerapkannya pada SERP. Sehingga para pengguna dapat menemukan jawaban secara langsung pada kolom pencarian tanpa melakukan klik.
Fitur ini dapat disamakan seperti fitur jawab cepat atau instan. Dengan hadirnya fitur ini, dapat berdampak pada berkurangnya jumlah klik pada situs web walaupun konten Anda berada di puncak rekomendasi.
Sebenarnya tujuan dari Google menciptakan fitur ini agar dapat meningkatkan pelayanan bagi para pengguna. Sehingga, dapat dikatakan fitur ini cukup sukses untuk dapat meningkatkan kepuasan para pengguna terhadap layanan yang disediakan Google.
Puncak dari dampak dari zero click search terjadi pada tahun 2019, saat itu trafik pengunjung web menurun hingga lebih dari 50%. Khususnya fitur ini banyak digunakan oleh para pengguna mesin pencari pada perangkat mobile.
Selain memberikan jawaban instan, google juga menambahkan fitur untuk mempermudah pengguna mencari tanggal, waktu, konversi mata uang, tempat terdekat, dan masih banyak lagi.
Dampak Zero Click Search Terutama Pada Optimasi SEO
Untuk lebih jelaskan zero click ini akan berdampak pada tiga pihak yaitu Google, pengguna dan juga pengelola web atau pelaku optimasi SEO. Dampak tersebut tidak selalu positif atau negatif. Berikut ini penjelasan lengkap dampak zero click pada Google, pengguna dan pelaku optimasi SEO.
1. Dampak untuk Google
Dari sudut pandang Google sebagai penyedia layanan mesin pencari, fitur ini tentu saja sangat berguna. Bahkan memberikan keuntungan yang besar seperti meningkatkan kepuasan pengguna, pengguna berada pada layanan mesin pencari lebih lama, intensitas AdSense lebih besar, jumlah transaksi iklan juga meningkat.
Selain itu, karena mendapatkan keuntungan yang cukup besar, Google juga telah memunculkan beberapa ide baru untuk mendukung fitur Pencarian tanpa klik salah satunya menggunakan kecerdasan buatan (Gemini).
Dengan penggunaan kecerdasan buatan (Gemini), hasil pencarian Google menjadi lebih terperinci karena hasil dari rangkuman dari beberapa website sebagai sumber.
2. Dampak bagi Pengguna
Pihak yang mendapatkan dampak dari adanya fitur tanpa klik selanjutnya adalah pengguna layanan mesin pencari itu sendiri. Pengguna merasakan dampak positif dari penggunaan fitur ini, namun tidak hanya positif ternyata pengguna juga merasakan dampak negatif.
Dampak positif dari zero click search bagi pengguna antara lagi hemat kuota karena langsung mendapatkan informasi, mendapatkan hasil terbaik dalam waktu singkat. Namun, untuk bisa mendapatkan hasil terbaik pengguna harus menggunakan keyword lebih spesifik dan detail.
Sedangkan dampak negatif dari layanan ini antara lain akan lebih mudah tergiur dengan penawaran google saat mencari produk. Selain itu juga dapat menimbulkan rasa ketergantungan terhadap sistem pencarian google.
3. Dampak terhadap Pelaku Optimasi SEO
Mayoritas pelaku optimasi SEO merasakan dampak yang negatif dari adanya layanan tersebut, walaupun beberapa di antaranya masih bisa merasakan dampak positifnya. Bahkan, layanan tersebut membuat beberapa pihak yang gagal beradaptasi terpaksa berhenti.
Dampak yang paling dirasakan oleh web developer dan pelaku optimasi SEO antara lain perubahan search volume dan jumlah trafik, monetisasi AdSense dari CPC menurun, membutuhkan strategi SEO lebih kompleks, membutuhkan effort lebih untuk mengembangkan website.
Para pelaku optimasi SEO dan web developer jika gagal melakukan adaptasi dengan layanan zero click search dikhawatirkan akan bangkrut hingga menutup channel atau website.